PhotobucketPhotobucketPhotobucketPhotobucket


HACK LOCALHOST DENGAN NAMA DOMAIN SENDIRI

Setelah menginstall webserver ( misal: xampp, wamp, appserv, easyphp, dll. ) kebanyakan orang menjalankan file-file website atau mengetes hasil instalasi webserver mereka di localhost menggunakan http://localhost atau http://127.0.0.1. Apa itu localhost? Di dunia Networking, Localhost merupakan istilah yang digunakan untuk host itu sendiri. Nama localhost digunakan untuk konfigurasi aplikasi sebelum benar – benar mendapatkan hostname dari hostmasternya. Nah, jika http://localhost atau http://127.0.0.1 diganti dengan nama domain ( contoh : and-inside.com atau namakamu.com ) carannya mudah hanya menjalankan instruksi dari artikel di bawah ini.

Langkah pertama :
Buka Explorer dan masukkan C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts pada Address Bar kemudian tekan enter lalu pilih “Notepad” atau file editor lainnya untuk membuka file tersebut. Cara ini juga bisa dilakukan melalui Start>>Run dan masukkan C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\hosts lalu klik OK atau tekan enter dan pilih Notepad atau file editor lainnya untuk membuka file tersebut.

Melalui Explorer

Melalui Menu Start>>Run

Pilih Notepad untuk membuka file

Langkah kedua :
Setelah file tersebut terbuka, tambahkan nama domain pada baris paling bawah sehingga seperti gambar di bawah ini

namaku.com bisa diganti dengan nama domain yang kamu inginkan.

Langkah ketiga :
Simpan atau tekan Ctrl+S pada keyboard. Kemudian buka browser kamu lalu ketik nama domain yang sudah ditambahkan tadi maka akan diarahkan ke localhost kita.

Selamat mencoba! Jika ada pertanyaan silahkan tulis komentar, Terima kasih.


Have Fun